Prosessor AMD dari Generasi ke Generasi

Urutan Prosesor AMD

1. AMD K5


AMD K5
Ini adalah prosesor AMD versi awal dibuat atau yang pertama kali diluncurkan oleh AMD. Pada awalnya AMD membuat prosesor sebagai perangkat alternatif dari intel.

Namun meskipun begitu prosesor ini menjadi proses pertama yang bisa ber sinkronisasi pada arsitektur bertipe x86. Tapi karena pada saat itu prosesor dari intel lebih mendominasi maka banyak motherboard yang belum bisa mendukung perangkat AMD K5 ini.

Saat ada pembaruan dari BIOS maka AMD dapat bersinkronisasi dengan perangkat motherboard.

2. AMD K6


AMD K6

Generasi kedua dari processor AMD yaitu AMD K6 yang sudah mendukung semua motherboard di mana mulanya hanya mendukung untuk prosesor dari intel. sejak kemunculan dari AMD K6 inilah persaingan antara Intel dan AMD mulai dirasakan.

Bahkan pada generasi kedua prosesor AMD ini ada beberapa jenis yang dirilis yaitu AMD K6, AMD K6-2 dan AMD K6-III. Perbedaan dari ketiganya terletak dari sisi kecepatannya saja, selebihnya tidak jauh berbeda.

3. AMD Duron


AMD Duron

AMD Duron dikeluarkan pada tahun 2000 di mana awalnya bernama Spitfire Thunderbird. Pada zamannya AMD duron ini menjadi salah satu prosesor paling tinggi.

Apalagi dengan harganya yang sangat terjangkau serta kinerjanya yang cukup memuaskan. Namun saat ini produksi dari prosesor AMD duron sudah dihentikan.

4. AMD Athlon


AMD Athlon

Setelah AMD merilis dan sukses dengan prosesor AMD duron, kemudian generasi berikutnya ada AMD athlon. ini adalah jenis prosesor AMD micro dengan kualitas yang cukup tinggi, bahkan masuk produk unggulan dari AMD.

Pada saat itu processor AMD athlon bersaing dengan prosesor Intel Pentium 3 yang cukup mendominasi pasar. Namun ternyata AMD athlon mampu mengungguli dengan bagian sistemnya yang bisa menggunakan multiprocessor. Sehingga memungkinkan satu komputer untuk menggunakan dua prosesor AMD athlon secara bersamaan.

5. AMD Athlon 64 X2


AMD Athlon 64 X2
Melihat dari kesuksesan AMD athlon maka perusahaan ini pun membuat versi athlon 64. Tentu keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok dibagian versi soketnya.

Pada prosesor AMD athlon 64 terdapat 3 socket yang berbeda yaitu 754, 939, dan 940. Ketiga socket tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Untuk bagian socket 754 terdapat kontroler yang mendukung bagian memori DDR, bagian socket 939 terdapat memori pengatur yang mendukung memori multi-channel.

Keunggulan lainnya dari prosesor AMD generasi ini yaitu dapat ber sinkronasi dengan komputer yang menerapkan sistem operasi 64-bit.

6. AMD Athlon 64 FX


AMD Athlon 64 FX

Sekuel dari AMD athlon ternyata tidak berhenti di athlon 64. AMD juga merilis versi AMD athlon 64 FX.

Jenis prosesor AMD ini bekerja dengan baik pada komputer yang menggunakan sistem operasi 32 bit maupun 64-bit. Keunggulan yang paling mencolok dari processor AMD ini yaitu ada antivirus di dalamnya, yaitu menggunakan Antivirus Enhanced Virus Protection.

Processor AMD ini sangat recommended digunakan pada komputer yang sering digunakan aplikasi atau software yang berkaitan dengan grafis tinggi seperti software video, audio maupun game.

7. AMD Sempron


AMD Sempron
AMD sempron dirilis sebagai pesaing processor Intel yaitu Intel Celeron. processor AMD ini memiliki dua jenis socket yang digunakan yaitu socket dan socket 754.

AMD sempron hanya dapat berjalan pada komputer yang menggunakan sistem operasi 32 bit saja.

8. AMD 64 V2 Dual Core

Sebagai pengguna komputer mungkin anda sudah tidak asing dengan istilah dual core bukan? Processor dari AMD ini memang bertujuan sebagai pesaing dari intel yang merilis versi core duo.

Prosesor AMD yang satu ini dapat berjalan pada komputer dengan sistem operasi 64-bit. Target pasar dari prosesor ini adalah penggunaan yang lebih banyak menggunakan komputernya untuk pekerjaan multimedia secara rutin.

9. AMD Opteron


AMD Opteron

Generasi yang selanjutnya ada AMD opteron dia lebih fokus pada komputer server maupun workstation. AMD opteron memiliki dua cache yang berbeda yaitu level 1 dan level 2.

Perbedaan keduanya terletak dari besaran data yang digunakan dimana pada level 1 datanya sebesar 128 KB sedangkan pada level 2 menggunakan data sebesar 1024 KB.

10. AMD Cadiz


AMD Cadiz

Prosesor ini dibuat sekitar tahun 2008 dengan memiliki inti sebanyak 4 core. Processor AMD yang ini juga dirancang menggunakan Hypertransport 3, L2 cache dan DDR2/3.

11. AMD Orochi “Bulldozer”


AMD Orochi "Bulldozer"

AMD ini adalah generasi terbaru dari prosesor AMD untuk pasar desktop high end. Konstruksinya masih menggunakan dari arsitektur bulldozer. Bisa dibilang prosesor dari AMD ini digunakan untuk mendukung perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi.

12. AMD Ryzen



Arsitektur Zen merupakan teknologi baru buatan AMD dan perdana digunakan dalam prosesor Ryzen. Untuk tahap awal, AMD merilis seri Ryzen 7 yang terdiri dari tipe 1800X, 1700X, dan 1700. Tipe terkuat yaitu Ryzen 7 1800x memiliki 8 core, 16 thread serta memiliki clock speed 3,6 GHz. Tipe ini diklaim jauh lebih unggul dibanding prosesor Intel Core i7 6900K.

13. AMD Ryzen Generasi ke 2

Tahun lalu, AMD menggebrak dunia prosesor desktop dengan meluncurkan chip Ryzen. Chip ini memiliki keunggulan kinerja tinggi dengan harga relatif terjangkau.

Kini, pada akhir pekan lalu, AMD telah memperbarui keluarga prosesor komputer andalannya itu, dengan meluncurkan Ryzen generasi ke-2.

Kehadiran Ryzen generasi ke-2 ditandai oleh empat model perdana yang terdiri dari Ryzen 7 2700X, Ryzen 7 2700, Ryzen 5 2600X, dan Ryzen 5 2600. Ryzen 7 2700X duduk di posisi teratas dengan dibekali CPU 8 core dan 16 thread. Base clock dipatok di angka 3,7 GHz dengan kecepatan turbo hingga 4,3 GHz, berikut cache L2 4 MB dan L3 16 MB.

Ryzen 2700 memiliki jumlah core/thread CPU dan cache yang sama dengan Ryzen 2700X. Hanya saja, kecepatan base clock dan turbo dipatok lebih rendah.

Ryzen 2600X dilengkapi 6 core dan 12 thread, dengan base clock 3,6 GHz serta turbo 4,2 GHz berikut combined cache sebesar 19 MB.

Ryzen 2600 memiliki jumlah core/thread CPU sama dengan Ryzen 2600X, tapi -seperti halnya Ryzen 2700X berbanding 2700- kecepatan base clock dan turbonya lebih rendah.

Bersama dengan Ryzen generasi ke-2, AMD turut memperkenalkan chipset motherboard X470 (socket AM4) yang khusus ditujukan untuk mendukung lini prosesor baru tersebut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (16/4/2018), keempat prosesor Ryzen generasi ke-2 di atas akan dipaketkan dengan pendingin CPU seri Wraith. Spesifikasi selengkapnya bisa disimak dalam tabel di bawah.





13. AMD Generasi Ke 3


AMD menghadirkan CPU Ryzen generasi ketiga untuk bersaing dengan Intel dan Nvidia. Perusahaan juga memiliki kartu grafis Radeon RX 5700 berbasis Navi.

Dilansir Theinquirer, Senin (8/7/2019), AMD mendorong prosesor Ryzen generasi baru, yang dibangun pada arsitektur 7-nanometre Zen 2, bersama GPU Radeon RX 5700 dan RX 5700 XT. CPU tampaknya diciptakan untuk menghadang Intel, sementara kartu grafis berbasis Navi bersaing dengan Turing, mid-range Nvidia dan kartu grafis GeForce RTX.
Tentang chip Ryzen generasi ketiga, ditemukan bahwa teknologi hadir dengan lebih banyak inti (core), menawarkan clock speeds yang lebih baik dan menangani lebih banyak instruksi per clock ketimbang pendahulunya.

Untuk Ryzen 9 3900X, kabarnya memiliki kinerja yang baik, mengalahkan chip Intel dengan harga yang sama. AMD juga memiliki seri lainnya seperti Ryzen 7 3700X yang juga memiliki performa terbaik.

Kedua prosesor didukung antarmuka PCIe 4.0, sebuah hal yang baru untuk desktop PC CPU, yang menandakan diperlukannya motherboard baru. Kendati demikian, AMD memiliki dalam bentuk motherboard X570 yang tersedia saat ini.

Beberapa seri untuk AMD Ryzens generasi ketiga seperti Ryzen 9 3900X, Ryzen 7 3800X, Ryzen 7 3700X, Ryzen 7 3700, Ryzen 5 3600X dan Ryzen 5 3600. Ada pula dua CPU Ryzen dengan grafis onboard Radeon generasi Vega, yakni Ryzen 5 3400G dan Ryzen 3 3200G.







sumber







Comments

Popular posts from this blog

Prosessor Intel dari Generasi 1 sampai Generasi 10

Tugas ke-6